Senin, 06 November 2017

PTK IPA KELAS 1 SD MELALUI ALAT PERAGA

PTK IPA KELAS 1 SD MELALUI ALAT PERAGA-Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom action research. Model PTK yang digunakan adalah model spiral dari Stephen Kemmis dan Robin Mc. Teknik pengumpulan data download ptk ipa sd alat peraga adalah teknik tes dan teknik observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif komparatif yang meliputi perbandingan rata-rata, skor minimal, skor maksimal, dan persentase antar siklus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar tema keluargaku dapat diupayakan dengan menggunakan alat peraga siswa kelas 1 semester 1 tahun 2016/2017. Hal ini nampak pada perbandingan skor rata-rata prestasi belajar tematik siswa yakni pada kondisi pra siklus 61; siklus 1 naik menjadi 70 dan siklus 2 naik lagi menjadi 76. Contoh lengkap ptk  ipa alat peraga. Persentase ketuntasan belajar naik dari prasiklus 71,4%, siklus 1 sebesar 61,9% dan siklus 2 naik menjadi 100%. Ada kenaikan skor minimal dari pra siklus 60, siklus 1 sebesar 60, dan naik di siklus 2 menjadi 70. Begitu pula skor maksimal dari pra siklus 90, siklus 1 sebesar 90 dan siklus 2 mencapai 90. Download ptk ipa alat peraga word. Saran yang diberikan adalah bahwa guru hendaknya mengubah pembelajarannya menjadi pembelajaran tematik yang berpusat pada siswa dengan mendesain pembelajaran menggunakan alat peraga.

Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas mapel (IPA) ilmu pengetahuan alam yang diberi judul Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Tema Keluarga Dengan Menggunakan Alat Peraga Siswa Kelas 1 Semester 1 Tahun 2016/2017, untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam kenaikan tingkat dari IV a ke IV b. Disini akan di bahas lengkap.

PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan file PTK IPA Kelas 1 SD lengkap dalam bentuk word dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS ke 0856-42-444-991 dengan Format PESAN JUDUL PTK SD).

PENELITIAN TINDAK KELAS SD/MIN IPA 

BAB I

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah
Pembaharuan program pembelajaran dewasa ini memberikan fenomena baru yang timbul dalam dunia pendidikan. Program pengajaran dan metode mengajar diarahkan dapat memberikan motivasi pada siswa dalam mempelajari dan menelaah ilmu-ilmu yang ada. Download ptk ipa SD word.
Khususnya IPA yang semakin maju, menuntut guru mampu mengembangkan cara-cara mengajar agar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pelajaran IPA .

Selama ini proses pembelajaran IPA hanya ditekankan pada bagaimana memberikan pengetahuan sebanyak-banyaknya yang berupa fakta-fakta, pengertian¬pengertian, konsep-konsep kepada siswa, hal ini dilakukan tanpa menjelaskan kegunaan fakta, pengertian dan konsep tersebut dalam kehidupan nyata yang sedang atau akan dihadapi oleh siswa, pada hal ada poin pembelajaran dalam IPA yang harus ditekankan, yaitu IPA Sebagai Proses. Download penelitian tindak kelas dengan alat peraga.  Penerapan metode mengajar yang bervariasi akan mengurangi kejenuhan siswa dalam menerima pelajaran, sehingga prestasi belajar siswa dapat meningkat, walaupun tingkat keberhasilan siswa dalam pemahaman materi pelajaran dipengaruhi oleh banyak faktor, baik faktor dari luar maupun faktor dari dalam diri siswa sendiri. Contoh lengkap ptk ipa min pdf.

Pembelajaran IPA melalui keterampilan proses saat ini belum banyak dilakukan sekolah-sekolah, khususnya di MIN ....... Kecamatan ....... Kabupaten ....... sehingga siswa cenderung belajar IPA secara verbal dengan cara hanya menerima konsep-konsep dan menghafal saja melalui ceramah. Hal tersebut jelas tidak sejalan dengan petunjuk pelaksanaan proses belajar mengajar kurikulum SD/MI yang menyatakan bahwa pendekatan ketrampilan proses adalah pendekatan dalam proses pembelajaran yang menekankan pada pembentukan ketrampilan memperoleh pengetahuan dan mengkomunikasikan hasilnya. Pembelajaran IPA yang belum efektif dapat menyebabkan menurunnya prestasi belajar siswa. Contoh proposal ipa menggunakan alat peraga. 

Dari pernyataan beberapa guru yang mengajar IPA di MIN ...... Kecamatan ......... Kabupaten ......... tercermin bahwa umumnya mereka mengajar dengan demonstrasi oleh guru dan ceramah secara klasikal saja. Contoh kumpulan judul ptk ipa sd.
Rendahnya prestasi belajar siswa di MIN ....... Kecamatan ......... Kabupaten ....... tampaknya merupakan masalah yang berakar dari siswa sendiri dan metode pembelajaran yang disampaikan guru yang kurang tepat. Namun pembelajaran dengan metode ceramah secara klasikal justru menimbulkan hal-hal sebagai berikut :Proses pembelajaran berlangsung tidak menarik, sehingga siswa menjadi pasif, prestasi belajar siswa rendah, aspek keterampilan proses tidak muncul secara individual
Fenomena yang muncul seperti yang terurai di atas, merupakan masalah yang serius yang perlu segera dicari pemecahannya. Dari solusi tersebut akan dicoba dilaksanakan dalam bentuk penelitian tindakan kelas. ptk ipa alat peraga word. 

Berkaitan dengan upaya peningkatan mutu pendidikan dan seiring bergulirnya kurikulum tingkat satuan pendidikan pembelajaran yang didesain guru harus mengoptimalkan pencapaian standar kompetensi dan kompetensi dasar yang telah digariskan. Download ptk ipa alat peraga. Untuk mencapai hal tersebut, pembelajaran bervariatif dan inovatif solusinya dengan pembelajaran yang bervariatif dan inovatif diharapkan dapat mengurangi kebosanan, meningkatkan peran aktif siswa, serta siswa dapat menggali dan mengeksplorasikan bakat dan kemampuan yang dimiliki.
Berdasarkan uraian di atas, maka mendorong peneliti untuk menghilangkan kesenjangan-kesenjangan yang menjadi permasalahan dengan menerapkan suatu pendekatan yang menekankan prestasi belajar siswa. lengkap ptk ipa alat peraga pdf.
1.2. Identifikasi Masalah
Secara singkat dapat dikatakan bahwa kekurang berhasilan siswa dalam belajar lebih disebabkan oleh tidak efektifnya proses pembelajaran. Kekurangefektifan ini tampak dalam pemberian materi guru terlalu monoton dan kurang bervariasi. Bahasa yang digunakan sulit di siswa dan terlalu cepat dalam menyampaikan materi. Selama pembelajaran guru asyik sendiri sehingga tidak melibatkan siswa. Contoh lengkap ptk dengan alat peraga pdf. Selain itu guru tidak membimbing siswa dalam menyimpulkan materi, tidak memberi kesempatan bertanya kepada siswa, tidak memberikan tugas untuk siswa dan tidak memberi pekerjaan rumah untuk siswa.

DOWNLOAD PTK IPA LENGKAP UNTUK SD/MIN

BAB II
KAJIAN PUSTAKA


2.1. KAJIAN TEORI
2.1.1. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kata “IPA” merupakan singkatan kata “Ilmu Pengetahuan Alam”. Kata-kata “Ilmu Pengetahuan Alama” merupakan terjemahan dari kata-kata Bahasa Inggris “Natural Science” secara singkat sering disebut “Science”. Natural artinya alamiah, berhubungan dengan alam atau bersangkut paut dengan alam. Science artinya ilmu pengetahuan. Jadi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) atau science itu secara harfiah dapat disebut sebagai ilmu tentang ala mini. Contoh judul ptk ipa sd.  Ilmu yang mempelajari peristiwa yang terjadi di alam. Untuk selanjutnya kita akan menggunakan kata IPA sebagai suatu istilah.Download judul ptk ipa MIN pdf.
Webste’s : New Collegiate Dictionary (1981) men yatakan “natural science is knowledge concerned with the physical world and its phenomena”, yang artinya Ilmu Pen getahuan Alam adalah pen getahuan tentang alam dan gejala-gejalanya. Sedan gkan di dalam Purnell’s : Concise Dicionary of Science (1983) tercantum definisi “Science is the broad field of human knowledge, acquired by systematic observation and experiment, and explained by means of rules, laws, principles, theories, and hypotheses”, artinya Ilmu Pengetahuan Alam adalah pengetahuan manusian yang luasyang didapatkan dengan cara observasi dan eksperimen yang sistimatik, serta dijelaskan dengan bantuan aturan-aturan, hukum-hukum, prinsip¬prinsip, teori-teori dan hipotesis-hipotesis. Ada pula yang mendefinisikan demikian : “Ilmu Pengetahuan Alam adalah apa yang dilakukan oleh para ahli IPA”.
IPA adalah pengetahuan yang telah diuji kebenarannya melalui metode ilmiah. IPA dipandang sebagai suatu cara atau metode untuk dapat mengamati sesuatu, Download ptk ipa alat peraga word. dalam hal ini adalah dunia. Download  proposal ptk ipa sd. Dari kedua penngertian tersebut dapat disimpulkan bahwa IPA adalah suatu cara atau metode untuk mendapatkan pengetahuan dengan mengamati sesuatu yang ada di dunia ini dan pengetahuan yanag diperoleh tersebut dapat diuji kembali kebenarannya melalui metode ilmiah.Contoh judul ptk ipa MIN pdf.
Untuk memahami IPA haruslah melalui berbagai pemahaman yaitu: IPA sebagai institusi diartikan sebagai suatu kelembagaan imajiner, Kelembagaan dari bidang profesi tertentu seperti: bidang profesi hukum, bidang kedokteran, bidang pendidikan dan sebagainya. IPA sebagai suatu metode yaitu sebagai suatu proses yang masih terus berkembang/berubah. Metode IPA terdiri dari sejumlah kegiatan baik mental maupun manual, termasuk observasi, eksperimen, klarifikasi, pengukuran dan sebagainya. Contoh referensi ptk ipa menggunakan alat peraga. IPA sebagai kumpulan pengetahuan: Pengetahauan IPA merupakan kumpulan kebenaran yang tidak mutlah dan jumlahnyapun selalu berkembang karena kebenarannya dapat diperiksa setiap saat oleh orang lain ataupun diulang observasinya. IPA sebagai faktor pengembang produksi. IPA sebagai salah satu faktor utama yang mempengaruhi kepercayaan dan sikap. Pengertian IPA ternyata mengalami perkembangan dari zaman ke zaman. Pada mulanya IPA merupakan pengetahuan biasa, lambat laun pengertiannya berubah menjadi pengetahuan yang rasional lepas dari takhayul, dan kepercayaan seperti pada zaman Yunani, kemudian berkembang lagi menjadi pengetahuan yang didapat dari metode ilmiah. Namun metode ilmiah itupun nampaknya berkembang pula pengertiannya. Contoh lengkap ptk sd ipa alat peraga. Pada mulanya dikatakan ilmiah asalkan yang masuk akal (rasional) dan sesuai dengan obyeknya. Namun kemudian persyaratannya bertambah yaitu syarat kuantitatif bahkan pada zaman sekarang persyaratan itu ditambah lagi yaitu haruslah bersifat pragmatis.

PENELITIAN PTK MIN/SD IPA DENGAN ALAT PERAGA  

BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

3.1.1 .Tem pat Penelitian
Contoh lengkap ptk ipa alat peraga. Sebagian penduduknya bermata pencaharian bertani dan buruh. Kondisi ini menyebabkan perhatian orang tua terhadap pendidikan anak¬anaknya masih kurang. Dengan demikian motivasi untuk belajar sangat rendah.download ptk sd dengan alat peraga doc.
3.1 .2.Jadwal Penelitian 
Perbaikan dilaksanakan pada :
3.1.3. Variabel yang Diteliti
Dalam penelitian ini dipaparkan dua variabel yang diteliti. Kisi-Kisi instrumen pembelajaran dengan alat peraga  Contoh lengkap ptk ipa alat peraga.
3.2. Subyek Penelitian
Subyek penelitian adalah siswa dengan jumlah siswa 25 anak yang terdiri dari 10 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki pada semester 1 tahun pelajaran ..........
3.3. Sumber Data
Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas I MIN ......... Kecamatan ........... Kabupaten .........  serta teman sejawat yaitu guru kelas II dan kelas IV.
3.4. Teknik dan Alat Pengumpulan Data
3.1.6.1 .Teknik Pengumpulan Data
a. Tes
Tes adalah serentetan pernyataan atau latihan atau alat lain yang digunakan untuk mengukur keterampilan pengetahuan, intelegensi, kemampuan atau bakat yang dimiliki oleh individu atau kelompok (Arikunto, 1996:138). download ptk sd dengan alat peraga pdf. Tes dalam penelitian ini merupakan tes buatan guru.
Tes digunakan karena dianggap sebagai alternatif terbaik untuk mendapatkan data nilai prestasi siswa. Dengan tes inilah dapat diperoleh data yang kualifield dari hipotesis yang diajukan.
b. Observasi
Observasi adalah kegiatan pemusatan perhatian terhadap sesuatu objek dengan menggunakan seluruh indera. Dalam Penelitian Tindakan Kelas ini, observasi dilakukan oleh peneliti dan teman sejawat. download ptk sd dengan alat peraga doc.
Tujuan yang dilakukan oleh teman sejawat terhadap peneliti adalah untuk mengetahui kesesuaian tindakan dengan perencanaan. Sedangkan observasi yang dilakukan peneliti terhadap siswa adalah untuk mengetahui tingkat perubahan atau perkembangan yang dikehendaki.
3.1.6.2.Alat Pengumpulan Data
Butir Soal tes
Butir soal tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah butir soal tes uraian, karena tes uraian sangat tepat untuk mengungkapkan kemampuan siswa dalam mengingat, memahami dan mengorganisasikan gagasannya atau hal-hal yang dipelajari.
3.5. Teknik Analisa Data
Analisis data adalah proses menyeleksi, menyederhanakan, mengabstraksi, mengorganisasi data secara sistematis dan rasional untuk menampilkan bahan-bahan yang dapat digunakan untuk menjawab jawaban terhadap ditjen penelitian (Ditjen Dikti, 1999:43) Contoh kumpulan judul ptk ipa sd.
Analisis data dilakukan selama dan sesudah pengumpulan data. Berdasarkan data dari lembar observasi dan lembar jawaban siswa serta catatan selama observasi, kemudian dilakukan analisis.
Semua data dibagi dan dibahas bersama peneliti dengan kedua teman sejawat. Selanjutnya dilakukan refleksi dan ditarik kesimpulan.
Analisis data hasil tes (pre tes dan pos tes)
Prestasi belajar dianalisis dengan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai tes antar siklus maupun indikator kerja. Contoh lengkap ptk ipa min
Untuk mengetahui nilai rata-rata kelas pada pre tes maupun pos tes tiap siklus digunakan rumus :

3.6. Indikator Kinerja
Indikator keberhasilan dan penelitian kelas ini adalah nilai rata-rata kelas siswa pada materi Energi dan perubahannya > 63.

PROPOSAL PENELITIAN TINDAK KELAS IPA KELAS SD

DAFTAR PUSTAKA

Agenda Guru. 2004. Yudhistira
Arikunto, Suharsini, dkk. 2006. PTK. Jakarta: Bumi Aksara BNSE. 2006. Panduan Pengembangan Silabus KTSP SD dan MI Dahar, RW. 1989. Teori-teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Depdiknas. 2008. Permendiknas. Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam dan UT. 2000. Strategi Belajar Men gajar Hamalik, Oemar. 1997. Media Pendidikan. Bandung: Penerbit Alumni
Hartono, Kasmadi. 1990. Teknik Mengajar. Semarang: IKIP Semarang Press Jurnal Pendidikan Kabupaten Batang. 2010
Jurnal Pendidikan, LPMP. 2007. Widyatama
Mansyur, Drs. Strategi Belajar Men gajar. Ditjen Pembinaan Kelembagaaan Agama Islam, Departemen Agama dan Universitas Terbuka. 1995
Mohammad Soleh. 1998. Pokok-pokok Pengajaran Matematika Sekolah. Jakarta: Depdikbud
Purwanto, N. 1997. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sarwono, Ridha, dkk. Media Pembelajaran di SD. Salatiga: Widya Sari Press. 2009 Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta Suciati, dkk. Belajar dan Pembelajaran 2. Jakarta: Universitas Terbuka. 2004. Terampil Berhitung Matematika untuk SD Kelas III. Airlangga. Winataputra, US, dkk. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka. 2005. ---. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka. 2007. Belajar Mandiri Lewat Internet.

Terima kasih telah berkunjung di blog kami yang membahas Ptk ipa kelas 1 sd melalui alat peraga. Semoga PTK Ipa kelas 1 ini dapat membantu Anda dalam penyusunan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + Rekomendasikan ini di Google untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di bawah. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.

0 komentar:

Posting Komentar