Kamis, 10 Agustus 2017

CONTOH PTK IPS SD KELAS 3 III LENGKAP DOC

CONTOH PTK IPS SD KELAS 3 III LENGKAP DOC-Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dapat langsung Anda download ptk sebagai referensi atau contoh penyusunan PTK IPS. Namun demikian, banyak penyedia contoh ptk memberikan link download PTK IPS SD yang membingungkan dan pada akhirnya Anda hanya di bikin berputar-putar dengan tujuan meng-klik iklan.

Beruntung lah bagi Anda menemukan blog ini, Anda berada pada tempat yang tepat. Kami menyediakan contoh ptk dengan judul-judul yang dapat Anda jadikan rujukan dalam membuat penelitian tindakan kelas (contoh PTK), terutama bagi anda guru sekolah dasar (SD) atau MI. Jadi, Anda dapat mengunduh file-nya  PTK dalam bentuk Doc document, ptk ini lengkap dari cover sampai lampiran (bukan sekedar abstrak saja).

Menyusun penelitian tindakan kelas (PTK) pada saat ini merupakan sebuah keharusan untuk dilakukan oleh guru. Kali ini, kami mengkompilasi judul-judul PTK yang dapat dijadikan inspirasi untuk membuat PTK. Bagi Anda Guru SD atau MI, khusunya mapel IPS SD semester 1 dan semester 2 contoh PTK dapat Anda download pada tautan di bawah. download contoh proposal ptk sd

Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas mapel ilmu pengetahuan sosial yang diberi judul Penggunaan Media Gambar dan Penerapan Metode Kerja Kelompok untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas III SD pada Pembelajara IPS Kompetensi dasar mengenal jenis-jenis Pekerjaan”, untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam kenaikan tingkat dari IV a ke IV b. Disini akan di bahas lengkap.

PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan file PTK IPS Kelas III SD lengkap dalam bentuk word dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS ke 0856-42-444-991 dengan Format PESAN PTK 075 SD).



PTK SD KELAS 3

BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang Masalah
Seorang guru adalah figur yang menempati posisi penting dalam dunia pendidikan. Dilihat dari sinilah betapa pentingnya peran seorang guru dalam proses pembelajaran. ptk sd kelas 4 IPS Walaupun memang prestasi anak didik dipengaruhi oleh banyak faktor, yaitu buku pelajaran, proses pendidikan, serta penggunaan metode yang tepat, namun peran guru masih sangat berpengaruh terhadap keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran karena gurulah yang merancang strategi pembelajaran, ptk ips sd kelas 4 lengkap pendekatan yang digunakan, metode yang diterapkan, media pembelajaran yang dipilih, teknik yang digunakan dan evaluasi yang dirancang. 

Disamping menentukan strategi pembelajaran yang tepat, guru harus mengenal dan mengetahui juga bahwa pada dasarnya siswa memiliki minat (sense of interest) dan dorongan ingin melihat kenyataan (sense of reality). Demikian pula karena dalam mata pelajaran IPS memuat banyak informasi, maka guru harus dapat mengembangkan kedua potensi siswa tersebut. Dalam mengembangkannya, guru dituntut untuk memiliki kreativitas dan dalam mengaktualisasikan kompetensinya terutama untuk mengidentifikasi, menyeleksi dan menentukan sumber belajar yang menunjang proses pembelajaran.
Realita yang terjadi saat membelajarkan IPS, banyak guru yang hanya berceramah di depan kelas dengan sebatang kapur di tangan untuk menjelaskan materi pelajaran yang kompleks tanpa menggunakan media pembelajaran. ptk sd kelas 6 doc Hal ini mengakibatkan guru kurang dapat memberikan deskripsi yang jelas mengenai materi yang diajarkan sehingga siswa menjadi kurang termotivasi untuk mengikuti proses pembelajaran.

Demikian pula dalam menerapkan metode pembelajaran, seringkali guru memaksakan suatu metode tertentu untuk membelajarkan materi yang sebenarnya kurang tepat dan bahkan mungkin tidak sesuai sama sekali. contoh ptk sd kelas 4 IPS Hal inilah membutuhkan kejelian seorang guru untuk memilih dan menentukan metode yang tepat dengan materi yang dibelajarkan karena pada dasarnya metode adalah cara yang sistematis untuk mempermudah siswa memahami materi pembelajaran.

Ulih Bukit Karo Karo, dalam Prasetyo (2002:29) menyatakan bahwa: ”Metode adalah suatu cara penyajian pelajaran dimana guru menugaskan pelajar atau kelompok pelajar melaksanakan percakapan ilmiah untuk mencari kebenaran. ptk sd kelas 4 IPS Dalam memilih metode dapat diterapkan banyak metode yang bervariasi, seperti diskusi, tanya jawab, eksperimen, kerja kelompok atau metode lain yang relevan dengan materi yang sedang dipelajari. Dengan adanya variasi pergantian metode siswa merasa tidak bosan dan motivasi untuk mengikuti proses pembelajaran tidak menurun”.

CONTOH PTK SD KELAS 3 LENGKAP

Seperti dikemukakan sebelumnya jika guru hanya monoton ceramah dan tanpa menggunakan media belajar dipastikan siswa akan merasa bosan dan kurang termotivasi. ptk kelas 4 lengkap Dengan kurang termotivasinya siswa mengikuti proses pembelajaran, mengakibatkan kurangnya pemahaman dan penguasaan siswa terhadap materi  pembelajaran, sehingga proses pembelajaran tidak berjalan dengan baik dan hasil belajar yang dicapai siswa pun tidak menunjukkan kriteria keberhasilan. ptk ips kelas 6 semester 1

Ketidakberhasilan proses pembelajaran juga dialami oleh peneliti. Ketika melaksanakan proses pembelajaran IPS kompetensi dasar mengenal jenis- jenis pekerjaan pada siswa kelas III semester 2 di SD, Kabupaten Grobogan menunjukkan hasil yang kurang memuaskan. contoh ptk ips kelas 4 semester 2. Hal ini ditunjukkan dari hasil tes formatif, yakni dari 46 siswa yang memperoleh nilai tuntas atau nilai ≥ KKM (65) hanya 16 orang atau tingkat tuntas klasikal hanya 35%. Dengan demikian pembelajaran pada kompetensi dasar tersebut tidak berhasil karena pembelajaran dikatakan berhasil jika kriteria keberhasilan mencapai ≥ 60%.

Melihat kenyataan tersebut, peneliti bekerja sama dengan teman sejawat dan berkonsultasi dengan supervisor di dalam mengidentifikasi beberapa permasalahan yang melatarbelakangi tidak berhasilnya proses pembelajaran tersebut. download ptk sd word Pada akhirnya peneliti dapat mengambil langkah pemecahan masalah yang akan dipergunakan dalam perbaikan pembelajaran.

1. Identifikasi Masalah
Dengan  melihat hasil belajar yang dicapai oleh siswa seperti di atas, peneliti meminta bantuan dari teman sejawat untuk membantu mengidentifikasi beberapa masalah yang muncul pada saat berlangsungnya proses pembelajaran. ptk sd kelas 4 semester 2 Dari hasil diskusi dengan teman sejawat ditemukan beberapa masalah sebagai berikut:
a. Siswa masih belum dapat mengidentifikasi jenis-jenis pekerjaan yang ada di lingkungan sekitar siswa yang menghasilkan barang dan jasa dengan baik.
b. Perhatian siswa terhadap materi yang disampaikan guru masih kurang.
c. Partisipasi siswa dalam proses pembelajaran masih kurang.
d. Masih banyak siswa yang berbicara sendiri dengan temannya saat berlangsungnya proses pembelajaran. ptk kelas 6 document

2. Analisis Masalah
Dengan melihat permasalahan yang terjadi saat berlangsungnya proses pembelajaran, peneliti melakukan refleksi diri dan berdiskusi dengan teman sejawat serta bekonsultasi dengan pembimbing sehingga dapat dianalisis bahwa penyebab rendahnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran IPS mengenai kompetensi dasar mengidentifikasi benua-benua adalah sebagai berikut:
a. Guru terlalu dominan menggunakan metode ceramah. contoh ptk sd kelas 5
b. Dalam menjelaskan, guru tidak menggunakan media satupun.
c. Guru kurang mengajak seluruh siswa secara interaktif dalam tanya jawab.
d. Metode yang diterapkan guru belum sepenuhnya mengaktifkan siswa.
e. Perhatian guru belum tertuju kepada seluruh siswa. contoh penelitian tindakan kelas ips

DOWNLOAD CONTOH PTK SD KELAS 3 DOC

A. Perumusan Masalah
Dengan melihat beberapa uraian masalah seperti tersebut di atas, perumusan masalah yang menjadi fokus perbaikan adalah sebagai berikut: ”Bagaimanakah penggunaan media gambar dan penerapan metode kerja kelompok dalam meningkatkan pemahaman siswa  kelas III SD N 5 Tuko Kec. Pulokulon Kab. Grobogan tahun ajaran 2008/2009 pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kompetensi dasar mengenal jenis- jenis pekerjaan?” ptk sd kelas 5 ips

B. Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin  dicapai dari penelitian ini, yaitu:
1. Mendeskripsikan penggunaan media gambar dalam proses pembelajaran terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS kompetensi dasar mengenal jenis- jenis pekerjaan. ptk sd kelas 5 pdf 
2. Mendeskripsikan penerapan metode kerja kelompok dalam proses pembelajaran terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS kompetensi dasar mengenal jenis- jenis pekerjaan.
3. Menganalisis dampak penggunaan media gambar dalam proses pembelajaran terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS kompetensi dasar mengenal jenis- jenis pekerjaan.
4. Menganalisis dampak penerapan metode kerja kelompok dalam proses pembelajaran terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS kompetensi dasar mengenal jenis- jenis pekerjaan.
C. Manfaat Penelitian
Manfaat yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah:
1. Bagi Guru
Dapat dimanfaatkan oleh guru untuk memperbaiki pembelajaran yang dikelolanya. Perbaikan ini akan menimbulkan rasa puas pada guru karena ia sudah melakukan sesuatu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dikelolanya. contoh ptk sd kelas 5 kurikulum 2013 Selain itu dengan melakukan penelitian ini guru dapat meningkatkan kemampuan profesionalnya.
2. Bagi Siswa 
Penelitian tindakan kelas ini bukan hanya penelitian untuk memperoleh data tentang suatu objek, tetapi juga untuk memperbaiki belajar siswa. Dengan adanya penelitian ini, kekurangan yang dilakukan siswa dalam proses pembelajaran akan dapat diidentifikasi sehingga dapat dianalisis penyebabnya. Dengan diketahui penyebabnya akhirnya proses belajar siswa dapat berlangsung secara efektif ptk sd kelas 5 doc.
3. Bagi Sekolah
Penelitian ini dapat memberikan sumbangan yang positif terhadap kemajuan sekolah yang tercermin dari peningkatan kemampuan profesional para guru dan peningkatan hasil belajar siswa. ptk ips sd kelas 5 semester 2 Selain itu dapat meningkatkan konduksifnya iklim pendidikan di sekolah.


Terima kasih telah berkunjung di blog kami yang membahas Download Contoh PTK IPS SD Kelas 3 III Lengkap Doc. Semoga PTK IPS ini dapat membantu Anda dalam penyusunan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + Rekomendasikan ini di Google untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di bawah. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.

0 komentar:

Posting Komentar