Senin, 27 November 2017

PTK SD KELAS 2 BAHASA INDONESIA LENGKAP

PTK SD KELAS 2 BAHASA INDONESIA LENGKAP-Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan alat peraga Kartu Huruf dapat meningkatkan kelancaran membaca dan keaktifan siswa SD kelas II semester 2. Metode pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan bentuk kolaboratif yang melibatkan peneliti, teman sejawat (guru) dan kepala sekolah. ptk bahasa indonesia sd kelas 2 lengkap pdf.

Bahasa Indonesia lengkap merupakan salah satu mata pelajaran pokok, mata pelajaran wajib yang ada di setiap jenjang pendidikan sekolah dasar dan menengah. Bahasa Indonesia juga menjadi salah satu dari tiga mata pelajaran yang di masukkan dalam UN. Namun sampai sekarang Bahasa Indonesia masih menjadi mata pelajaran yang kurang diminati oleh banyak siswa. download ptk bahasa indonesia sd kls 2. Hasil belajar Bahasa Indonesia pun belum menunjukkan hasil yang optimal.

Penelitian ini dilaksanakan di kelas II, semester 2 SD Negeri 2012/2013 dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa. Fokus penelitian ptk sd kelas ini adalah hasil belajar Bahasa Indonesia dan efektivitas penggunaan alat peraga kartu huruf untuk meningkatkan kelancaran membaca. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan dua siklus. contoh proposal ptk bahasa indonesia sd. Masing – masing siklus terdiri dari tiga pertemuan yang masing¬masing pertemuan terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.

Hasil penelitian ptk sd kelas 2 menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan kelancaran membaca siswa pada siklus I dan siklus II dengan SK / KD sama dalam kategori baik. download ptk bahasa indonesia sd kelas 2 word. Keaktifan siswa juga menunjukkan peningkatan pada siklus I dan siklus II dalam kategori sangat aktif. Dengan melihat hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini mampu menjawab tujuan penelitian yaitu penggunaan peraga kartu huruf dapat meningkatkan kelancaran membaca dan keaktifan siswa kelas II SD Negeri tahun pelajaran 2012/2013. Contoh ptk kelas 2 sd lengkap. Akhirnya peneliti menyarankan kepada seluruh guru untuk kreatif dalam menyajikan pembelajaran terutama dalam menggunakan alat peraga dan media yang menarik serta bervariasi sehingga dapat membawa siswa dalam proses pembelajaran yang menyenangkan dan batas tuntas hasil belajar siswa dapat tercapai.

Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas Mapel Bahasa Indoneisa SD semester 2 kelas 2 SD yang diberi judul “Upaya Meningkatkan Kelancaran Membaca Dan Keaktifan Siswa Dengan Alat Peraga Kartu Huruf Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Sd Negeri Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013"”, untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam kenaikan tingkat dari IV a ke IV b. Disini akan di bahas lengkap.

PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan FILE PTK Bahasa Indonesia kelas 2 terbaru lengkap dalam bentuk MS WORD SIAP DI EDIT dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK Harga Perjudul 170.000 (SMS ke 0856-42-444-991 dengan Format (PESAN JUDUL PTK).

A. Judul Ptk Bahasa Indonesia Sd Kelas 2

BAB I

PENDAHULUAN

1. Bahasa Indonesia di kelas Sekolah Dasar II

1.1 Latar Belakang
Kondisi yang dihadapi penulis di SD Negeri  dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas II semester 2 tahun pelajaran 2012/2013, menggambarkan bahwa kemampuan membaca siswa masih rendah. contoh ptk bahasa indonesia sd kls 2. Dari 30 siswa, hanya 12 siswa yang mendapatkan nilai > 6,5 sedangkan 18 siswa mendapat nilai < 6,5 dalam tes membaca.


Melihat hasil membaca siswa yang kurang baik tersebut, peneliti mencoba mencari tau penyebabnya. Salah satunya dengan menyebarkan angket kepada siswa yang berisi pertanyaan tentang pembelajaran mereka di kelas. contoh proposal ptk bahasa indonesia sd. Tujuannya untuk mengetahui cara pembelajaran yang di lakukan oleh guru. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel berikut :

Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia ; 234, dikatatakan bahwa kartu huruf adalah kertas yang tidak seberapa besar bertuliskan huruf, jika disusun dapat membentuk kata yang bermakna yang dapat membantu mengeja dalam membaca. download ptk bahasa indonesia sd kelas 2 word.
Berdasarkan fakta dan pendapat ahli diatas, maka peneliti mencoba mengubah pelaksanaan pembelajaran terutama penggunaan alat peraga. Salah satunya yaitu dengan memperkenalkan kepada siswa berbagai macam alat permainan dalam kegiatan-kegiatan belajar. Alat permainan yang digunakan peneliti adalah kartu huruf. download proposal ptk bahasa indonesia sd. Dengan penerapan metode permainan kartu huruf ini, diharapkan akan bisa membantu meningkatkan minat siswa terhadap mata pelajaran Bahasa Indonesia sehingga prestasi belajar siswa dapat meningkat. Hal-hal tersebut di atas yang menjadikan alasan mengapa penulis mencoba menerapkan penggunaan media permainan kartu huruf untuk meningkatkan kelancaran membaca siswa kelas II semester 2 SD Negeri ............... tahun pelajaran 2012/2013.

2. Contoh Kumpulan PTK SD Kelas II: PTK Kelas 2 Semester 2

1.2 Permasalahan Penelitian
Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti megambil judul “ Upaya Meningkatkan Kelancaran Membaca dan Keaktifan Siswa Dengan Alat Peraga Kartu Huruf Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Semester 2 SD Negeri Tahun Pelajaran 2012/2013. contoh ptk bahasa indonesia sd kelas 2 pdf.
Berdasarkan judul tersebut penel iti dapat mengidentifikasikan permasalahan sebagai berikut
1. Prestasi membaca siswa rendah atau dibawah KKM sekolah.
2. Guru kurang memaksimalkan alat peraga dalam pembelajaran.
1.2.1 Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang dan permasalahan dalam penelitian di atas, maka dapat dirumuskan masalah dalam penelitian sebagai berikut: contoh  ptk kelas 2 sd bahasa indonesia lengkap.
1) Bagaimana perhatian siswa saat pembelajaran?
2) Apakah kelancaran membaca siswa masih rendah?
3) Apakah guru sudah menggunakan alat peraga yang menarik?
4) Apakah hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia masih rendah?
1.2.2 Pembatasan Masalah
Pembatasan masalahdiperlukan agar penelitian lebih efektif, efisien dan terarah. Adapun hal-hal yang membatasi masalah dalam penelitian ini adalah:
1) Peneliti hanya meneliti siswa kelas II SD Negeri mata pelajaran Bahasa Indonesia semester 2 Tahun Pelajaran 2012/2013. contoh ptk bahasa indonesia sd kls 2.
2) Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah bermain dengan kartu huruf.
1.3. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah di uraikan di atas, maka rumusan masalah penelitian ini adalah;
“Apakah penggunaan alat peraga kartu huruf dapat meningkatkan kelancaran membaca dan keaktifan siswa kelas II SD Negeri  semester 2 Tahun Pelajaran 2012/2013”.
1.4. Tujuan Penelitian
Berdasarkan perumusan masalah di atas maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kelancaran membaca dan keaktifan siswa menggunakan alat peraga kartu huruf siswa kelas II SD Negeri semester 2 Tahun Pelajaran 2012/2013.download proposal ptk bahasa indonesia sd doc.

3. Download Contoh PTK SD Kelas 2 (II) pdf Terbaru Lengkap

1.5. Manfaat Penelitian
1) Manfaat Teoritis
Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan teori tentang cara meningkatkan kelancaran membaca siswa dengan menggunakan alat peraga kartu huruf bagi siswa kelas II semester 2 SD Negeri .Tahun Pelajaran 2012/2013.
2) Manfaat Praktis
a. Bagi Siswa
Dapat membantu siswa meningkatkan kelancaran membaca melalui penggunaan alat peraga kartu huruf. Contoh lengkap ptk bahasa indonesia sd.
b. Bagi Guru
Dapat meningkatkan potensi terutama kreatifitas guru dalam menggunakan alat peraga yang menyenangkan dengan menggunakan beberapa pola permainan yang terarah yang dapat meningkatkan kekancaran membaca siswa.
c. Bagi Sekolah
Dapat digunakan sebagai acuan yang dapat memotivasi teman sejawat untuk mengembangkan wawasan profesional.download ptk bahasa indonesia sd kls 2.

B. PTK Bahasa Indonesia SD Kelas 2


BAB II

KAJIAN PUSTAKA

1. Contoh PTK SD Kelas 2 Terbaru Lengkap


2.1 Kajian Teori
2.1.1 Hakikat Membaca
Menurut Vacca (1991 : 172) membaca adalah proses aktif dari pikiran yang dilakukan melalui mata terhadap bacaan. Dalam kegiatan membaca, pembaca memproses informasi dari teks yang dibaca untuk memperoleh makna. Membaca merupakan kegiatan yang penting dalam kehidupan sehari-hari, karena membaca tidak hanya untuk memperoleh informasi tetapi berfungsi sebagai alat untuk memperluas pengetahuan bahasa seseorang. Download ptk kelas 2 sd lengkap. Menurut Hairis dan Sipay (1980 : 8) hakikat membaca adalah sebagai suatu kegiatan yang memberikan respon makna secara tapat terhadap lambang verbal yang tercetak atau tertulis. Pemahaman atau makna dalam membaca lahir dari interaksi antara persepsi terhadap simbol grafis dan ketrampilan bahasa serta pengetahuan pembaca. Dalam interaksi ini, pembaca berusaha menciptakan kembali makna yang ingin disampaikan oleh penulis dan tulisannya. Dalam proses membaca itu pembaca mencoba mengkreasikan apa yang dimaksud oleh penulis.

Gibbson (1993 : 70-71) mendefinisikan membaca sebagai proses memperoleh makna dari cetakan. Kegiatan membaca bukan sekedar aktifitas yang bersifat reseptif saja melainkan menghendaki pembentuk aktif berfikir. Untuk memperoleh makna dari teks, pembaca harus menyertakan latar belakang “bidang” pengetahuannya, topik, dan pemahaman terhadap sistem bahasa itu sendiri. Tanpa hal-hal tersebut selembar teks tidak berarti apa-apa bagi pembaca. contoh ptk bahasa indonesia sd kls 2. Sementara itu Wilson dan Peters (dalam Cleary, 1993 : 284) mengatakan bahwa membaca merupakan suatu proses menyusun makna melalui interaksi dinamis diantara pengetahuan pembaca yang telah ada, informasi yang telah dinyatakan oleh bahasa tulis, dan konteks situasi pembaca.

2.1.2 Membaca Lancar.
Membaca lancar biasa disebut membaca yeknik. Dalam membaca harus memperhatikan cara/teknik membaca yang meliputi: artikulasi, intonasi, tanda baca, kecepatan mata yang tinggi dan pandangan mata yang jauh (Arisandi). Download ptk bahasa indonesia sd kelas 2 pdf.
2.1.3 Pola Bermain
Menurut Piaget dalam Elizabet B. Harlock (1995 :320) mengatakan bahwa pola bermain adalah suatu model atau bentuk permainan yang digunakan oleh guru untuk memberikan bimbingan belajar pada siswa.
2.1.4 Alat Peraga ( Media Pembelajaran )
Pemanfaatan alat peraga akan menghindari verbalisme. Menurut Aristo Rahardi (2003) mengatakan bahwa alat peraga adalah alat (benda) yang digunakan untuk memperagakan fakta, konsep, prinsip atau prosedur tertentu agar tampak lebih nyata / konkrit. Sementara itu WJS Poerwodaminto (Kamus Umum Bahasa Indonesia, 1985 : 734) menyatakan bahwa alat adalah sesuatu barang yang dipakai untuk mencapai suatu yang dimaksud / syarat. contoh proposal ptk bahasa indonesia sd kelas 2. Sedangkan peraga adalah alat untuk memperlihatkan pelajaran.
Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi. Media pembelajaran memegang peranan penting sebagai alat bantu untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif. Download laporan ptk bahasa indonesia sd pdf.
a. Fungsi Media
1) Penggunaan media untuk mewujudkan situasi pembelajaran yang efektif.
2) Penggunaan media dalam proses pembelajaran lebih menarik siswa.
3) Penggunaan media menyebabkan hasil pembelajaran yang dicapai lebih tahan lama diingat siswa, sehingga pelajaran mempunyai nilai tinggi.
b. Jenis-jenis Media Pembelajaran
1) Bagan
Bagan adalah gambaran dari sesuatu yang dibuat dari garis dan gambar. Bagan bertujuan untuk memperlihatkan hubungan perkembangan, perbandingan, dan lain-lain. Contoh PTK Bahasa Indonesia SD Kelas 2.
2) Grafik
Grafik adalah penggambaran data berangka, bertitik, bergaris, atau bergambar yang memperlihatkan hubungan timbal balik informasi secara statisti k.
3) Gambar/Foto
Sejumlah gambar, foto, lukisan baik dari majalah, buku, koran atau sumber lain yang digunakan sebagai media.
4) Peta/Globe
Peta atau globe berfungsi untuk menyajikan data-data lokasi serta tempat untuk menemutunjukkan letak negara-negara di dunia. Contoh lengkap ptk bahasa indonesia sd kelas 2.
5) Diagram
Diagram adalah suatu gambar yang menggunakan garis-garis simbol, diagram atau skema. Isi diagram biasanya berupa petunjuk.

2. Download Ptk SD Penelitian Tindakan Kelas

2.1.5 Kartu Huruf
Dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia ; 234 dikatakan bahwa kartu huruf adalah kertas yang tidak seberapa besar bertuliskan huruf, jika disusun dapat membentuk kata yang bermakna yang dapat membantu mengeja dalam membaca. Sedangkan Cucu Zakariyya (2010) mengatakan bahwa kartu huruf adalah abjad-abjad yang dituliskan pada potongan-potongan suatu media ( kertas, karton, triplek ). Potongan-potongan itu dapat dipindah-pindah sesuai keinginan.
Dalam pembelajara Bahasa Indonesia, kartu huruf digunakan dengan tujuan:
a. Agar dapat siswa melihat bentuk huruf dan melafalkannya dengan benar.
b. Siswa dapat merangkai huruf menjadi suku kata dan melafalkannya dengan benar.
c. Siswa dapat merangkai suku kata menjadi kata dan melafalkannya dengan benar.
d. Siswa dapat merangkai kata menjadi kalimat dan melafalkannya dengan benar.
e. Siswa dapat mermbaca kalimatyang di bentuk dengan kartu huruf dengan intonasi yang benar. download ptk kelas 2 sd lengkap doc terbaru.
f.  Siswa dapat mermbaca kalimatyang di bentuk dengan kartu huruf dengan ekspresi yang benar.
2.1.6 Keaktifan
Keaktifan belajar siswa adalah kegiatan yang bersifat fisik/mental, yaitu berbuat dan berpikir sebagai suatu rangkaian yang tidak dapat dipisahkan (Sardiman, 2001:98). Keaktifan yang di ukur dalam penelitian ini meliputi 4 kriteria dengan masing-masing indikator sebagai berikut:
No Indikator Tidak  Aktif Kurang Aktif Aktif  Sangat Aktif

2.1.7 Pembelajaran Bahasa Indonesia yang efektif
Untuk mengatasi kelancaran membaca pada pembelajaran Bahasa I ndonesia, penulis menempuh langkah-langkah sebagai berikut : contoh proposal ptk bahasa indonesia sd.
1) Penyampaian Materi
Piaget (dalam Syamsudin A. dan Budiman H. 2008 : 16) mengisyaratkan bahwa kemampuan berfikir anak dengan orang dewasa itu berbeda. Implikasinya berarti bahwa urutan bahan pembelajaran dan metode pembelajaran harus menjadi perhatian utama. Guru harus mampu menyampaikan informasi dengan tepat sehingga informasi dapat dipahami oleh siswa. Contoh Judul PTK Bahasa Indonesia SD. Gaya penyajian yang digunakan guru dalam membahas materi pelajaran berpengaruh terhadap prhatian siswa. Berkenaan dengan itu, materi pelajaran hendaknya disampaikan dengan cara yang menarik sehingga rasa ingin tahu siswa terhadap materi pelajaran meningkat (Slavin, 1991).
2) Penggunaan Bahasa
Menurut Howart Gardner (dalam Suciati dkk, 2005) menyatakan bahwa Inteligensia Bahasa mencakup kemampuan berpikir dengan kata-kata seperti kemampuan untuk memahami dan merangkai kata baik lisan maupun tertulis.
3) Penggunaan Metode
Penerapan metode yang dipilih dalam pembelajaran haruslah bertumpu pada 2 hal yaitu : optimalisasi interaksi antar semua unsur dengan proses belajar serta optimalisasi keterl ibatan sel uruh indera siswa (Depdi kbud: 1997). Contoh lengkap ptk bahasa indonesia sd. Metode mengajar adalah cara yang digunakan pengajar untuk menyampaikan materi pelajaran kepada siswa. Pemilihan metode mengajar ditentukan oleh tujuan pembelajaran, materi pelajaran, sarana yang tersedia yang dapat digunakan siswa.
4)Pemanfaatan Alat Peraga
Alat peraga digunakan oleh pengajar dalam proses pembelajaran bertujuan untuk mengurangi verbalisme siswa. Penggunaan alat peraga secara bervariasi dapat menimbulkan semangat belajar siswa menjadi meningkat sehingga siswa merasa senang dalam mengikuti proses pembelajaran. download ptk kelas 2 sd word.

3. Contoh Ptk Bahasa Indonesia Sd

2.2 Kerangka Pikir
Penelitian ini direncanakan dengan melibatkan guru dan siswa untuk meningkatkan kelancaran membaca dan keaktifan siswa dengan alat peraga kartu huruf. Prosedur penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. contoh proposal ptk bahasa indonesia sd. Artinya setelah siklus 1 selesai, kemudian di evaluasi dan apabila hasilnya belum memenuhi KKM maka dilakukan siklus 2.
Berikut adalah langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian sebagai kerangka berpikir penelitian:
1) Pengenalan huruf dilakukan dengan menggunakan kartu huruf. Hal ini dapat membantu siswa meningkatkan kelancaran cara mengenali kartu huruf dan pelafalan huruf.
2) Pengenalan suku kata dilakukan dengan menggunakan kartu huruf. Contoh PTK Bahasa Indonesia SD Kelas 2. Hal ini dapat membantu siswa meningkatkan kelancaran membaca suku kata. Siswa dapat merangkai suku kata dan melafalkannya dengan benar.
3) Pengenalan kata dilakukan dengan menggunakan kartu huruf. Hal ini dapat membantu siswa meningkatkan kelancaran membaca kata. Siswa dapat merangkai kata dan melafalkannya dengan benar. contoh lengkap proposal ptk bahasa indonesia sd.
4) Pengenalan kalimat dilakukan dengan menggunakan kartu huruf. Hal ini dapat membantu siswa meningkatkan kelancaran membaca kalimat. Siswa dapat merangkai kalimat dan melafalkannya dengan benar.
Dengan dapat melafalkan huruf, suku kata, dan kalimat dengan benar menggunakan kartu huruf, maka siswa dapat lancar dalam membaca. Download Judul PTK Bahasa Indonesia SD word terbaru
2.3 Hipotesis Tindakan
Berdasarkan rumusan masalah penelitian, tinjauan pustaka dan kerangka pikir di atas, maka dapat diturunkan hipotesis tindakan sebagai berikut : download proposal ptk bahasa indonesia sd.
Dengan menggunakan alat peraga kartu huruf dapat meningkatkan kelancaran membaca siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas II semester 2 SD Negeri. Tahun Pelajaran 2012/2013.


DAFTAR PUSTAKA

Bloom, Benjamin. 2001. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Bower. 1981. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Dienes. 1992. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.
Malik Thachir, S.K, dkk. 2007. Bahasa Kita Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar Kelas II Semester 2. Jakarta: Esis.
Sardiman. 2001. Ketrampilan Membaca Permulaan Melalui Kartu Huruf di Sekolah Dasar. Jakarta.
Sudjana, Nana. 2002. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru. Suciati, dkk. 2005. Belajar dan Pembelajaran 2. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sunaryo, PVM. 2007. Bimbingan Pen yusunan Laporan Pemantapan Kemampuan Profesional. Semarang: Universitas Terbuka.
Surakhmad, Wi narno. 1990. Pengantar Interaksi Men gajar B elaj ar Dasar dan Teknik Metodologi Pen gajaran. Bandung: Tarsito.
Syah, Muhibbin. 2000. Psikologi Pendidikan dengan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tim Bina Karya Guru. 2004. Bina Bahasa dan Sastra Indonesia untuk Sekolah Dasar Kelas II. Jakarta: Erlangga.
Wardani, I.G.A.K. dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka. Winkel. 2004. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia. Zainul Asmawi, dkk. 2006. Tes dan Asesmen di SD. Jakarta: Universitas Terbuka. 

Terima kasih telah berkunjung di Asri Yulian Blog yang membahas PTK SD Kelas 2 Bahasa Indonesia Lengkap. Semoga PTK Bahasa Indonesia ini dapat membantu Anda dalam penyusunan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + Rekomendasikan ini di Google untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di bawah. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.

0 komentar:

Posting Komentar