Senin, 07 Agustus 2017

CONTOH PTK MATEMATIKA KELAS 6 SD DOC LENGKAP

CONTOH PTK MATEMATIKA KELAS 6 SD DOC LENGKAP-Pemilihan judul ptk ini berdasarkan atas pengalaman dalam membuat blog penelitian tindakan kelas di lapangan bahwa prestasi belajar Matematika siswa kelas VI SD nilai rata-ratanya masih berkisar 5,8. Kenyataan ini menunjukkan masih rendahnya tingkat pemahaman siswa terhadap materi pelajaran Matematika sehingga dibutuhkan contoh PTK Matematika. Berdasarkan kenyataan tersebut maka perlu adanya upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk itu upaya yang ditempuh adalah dengan diterapkannya ptk model pembelajaran tutor sebaya dalam kelompok kecil untuk menyelesaikan soal cerita dalam membaca gambar atau denah berskala.

PTK Metamatika dalam format Doc menjadi rumusan masalah pada penelitian ini adalah sebagai berikut. Bagaimanakah cara meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD melalui model pembelajaran tutor sebaya dalam kelompok kecil dalam menyelesaikan soal cerita tentang membaca gambar atau denah berskala?  Pada mapel matematika kelas 6 SD semester 1.

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran tutor sebaya dalam kelompok kecil dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dan dapat pula meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam proses belajar mengajar, serta dapat memperoleh cara yang efektif dalam menentukan hasil pengukuran dan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sarana pembelajaran pada pokok bahasan membaca gambar atau denah berskala dalam menyelesaikan soal cerita.

Metode penelitian tindakan kelas ini ditempuh dalam tiga siklus. Contoh PTK matematika kelas VI SD pada setiap siklus terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. PTK metematika sd lengkap memuat tindakan dalam setiap siklus dilakukan dengan cara guru memberikan tugas berupa materi pelajaran untuk dipelajari secara mandiri, diringkas dan didiskusikan dengan kelompok belajarnya dengan dipandu tutor sebayanya. Adapun yang menjadi subjek penelitian tindakan kelas adalah siswa kelas VI SD.

Dengan mendownload contoh ptk SD kelas 6 lengkap dalam format doc maka dapat diambil kesimpulan bahwa melalui model pembelajaran tutor sebaya dalam kelompok kecil, kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat dan bekeja sama dalam setiap kelompoknya dapat ditingkatkan. Penelitian tindakan kelas matematika berhasil diterapkan pada siswa kelas 6 SD. Selain itu peran tutor sebaya merupakan teman bekerja sekaligus teman belajar sehingga dapat menambah keberanian siswa dalam bertanya, dan mengerjakan tugas guru di depan kelas.

PTK matematika format pdf dan doc bisa anda dapatkan disini. Serta ketrampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita menunjukkan kemajuan yang cukup baik. Sehingga hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Berdasarkan penelitian bahwa hasil belajar yang diperoleh siswa kelas VI SD pada pokok bahasan membaca gambar atau denah berskala nilai rata-ratanya meningkat menjadi berkisar 8,11. Saran, Model Pembelajaran Tutor Sebaya dalam Kelompok Kecil yang diterapkan guru dapat meningkatkan hasil belajar siswa, maka pada proses pembelajaran bisa menggunakan Model Pembelajaran Tutor Sebaya dalam Kelompok Kecil.

Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas mapel Metematika yang diberi judul  “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD dalam Menyelesaikan Soal Cerita Tentang Membaca Gambar atau denah Berskala melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya dalam Kelompok Kecil ”, untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam kenaikan tingkat dari IV a ke IV b. Disini akan di bahas lengkap.

PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan file PTK Matematika Kelas VI SD lengkap dalam bentuk word dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS ke 0856-42-444-991 dengan Format PESAN PTK 042 SD).

Contoh PTK Matematika bab I

A. Latar Belakang Masalah

Kenyataan yang ada pada saat ini, masih banyak siswa sekolah dasar yang belum mempunyai keterampilan membaca gambar atau denah berskala khususnya ptk lengkap bentuk document. Masih banyak juga siswa yang belum memahami cara menyelesaikan soal-soal cerita yang berhubungan dengan satuan panjang dan luas pada denah berskala.

Maka minat siswa perlu dibangkitkan dalam proses pembelajaran matematika dengan variasi belajar yang menarik, agar nantinya siswa dapat menyelesaikan soal dengan benar. Siswa diajak belajar di luar kelas untuk dikenalkan pada lingkungan sekitar sebagai obyek pembelajaran. Misalnya siswa diberi tugas melalui kelompok-kelompok kecilnya untuk mengukur halaman sekolah. Dengan dipandu tutor sebayanya, kemudian siswa diharapkan mampu menggambar halaman sekolah dengan denah berskala. Download contoh ptk.

Proses pembelajaran matematika pada pokok bahasan tersebut selama ini belum memperoleh hasil yang memuaskan, rata-rata berkisar 5,8. Nilai tersebut perlu ditingkatkan melalui penerapan atau praktik langsung pada benda-benda konkret dan siswa sering diberi latihan soal-soal cerita yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. ptk lengkap pdf Siswa diberi cara atau langkah-langkah menyelesaikan soal cerita dengan benar. Serta diberi pengertian bahwa antara luas pada denah berskala, berbeda dengan luas sebenarnya. Download ptk sd

Sehubungan dengan itu dari sekian banyak soal-soal latihan yang diberikan guru, pada bagian ini masih banyak siswa yang belum memahami dan mengalami kesulitan untuk menghitung luas bangun pada denah dengan bangun sebenarnya, terutama dalam menyelesaikan soal cerita pada denah berskala. Maka peneliti mempunyai alasan untuk terus mencari cara-cara yang baik dan benar dalam menyelesaikan soal cerita. ptk sd kelas VI pdf Dengan demikian, nantinya siswa benar-benar memahami cara menyelesaikan soal cerita dengan benar, yakni dari apa yang diketahui, apa yang ditanyakan dan apa jawaban soal tersebut, yang akhirnya siswa mampu menuliskan hasil akhir soal tersebut. ptk sd kelas 6 semester ganjil dan semester genap.

1. Memungkinkan siswa mempraktikkan langsung pada benda-benda konkret yang ada di sekolah, terutama pada pokok bahasan membaca denah berskala.
2. Memanfaatkan lingkungan sekolah ini sebagai obyek pembelajaran, yang selama ini masih jarang digunakan oleh kebanyakan guru, mereka hanya terfokus pada verbalisme.
3. Siswa diajak terampil menyelesaikan soal-soal cerita dengan langkah yang benar, agar dapat menerapkan di kehidupan mendatang.
4. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar/prestasi belajar siswa dalam pelajaran matematika melalui model pembelajaran tutor sebaya dalam kelompok kecil.

B. Rumusan Masalah

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah sebagai berikut. Bagaimanakah cara meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD melalui model pembelajaran tutor sebaya dalam kelompok kecil dalam menyelesaikan soal cerita tentang membaca gambar atau denah berskala?

BACA Juga

DOWNLOAD CONTOH PTK MATEMATIKA SD LENGKAP


C. Tujuan Penelitian

1. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD  melalui model pembelajaran tutor sebaya dalam kelompok kecil dalam menyelesaikan soal cerita tentang membaca gambar atau denah berskala.
2. Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam proses belajar mengajar.
3. Untuk memperoleh cara yang lebih efektif dalam menerapkan model pembelajaran “Tutor sebaya dalam Kelompok Kecil” dan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sarana pembelajaran.

D. Manfaat Penelitian

1. Manfaat Bagi Siswa
a. Diharapkan nilai siswa semakin bertambah download lengkap ptk sd.
b. Diharapkan siswa mampu menerapkan prinsip-prinsip kerjasama dalam kelompoknya.
c. Dimungkinkan siswa dapat mempelajari materi secara mandiri ptk matematika lengkap.
d. Memupuk rasa persatuan antar anggota kelompok dengan dipandu tutor sebaya ptk sd kelas VI doc.

2. Manfaat Bagi Guru
a. Meningkatkan kreativitas guru dalam membuat ptk metmatika lengkap pengembangan materi pelajaran.
b. Guru bertindak sebagai nara sumber dalam proses belajar mengajar contoh lengkap matematika.
c. Guru lebih memahami kemampuan siswa dalam menyusun PTK Matematika Kelas 6 kelompoknya.
d. Menciptakan daya saing dalam mengerjakan tugas guru melalui tutor sebaya kelompok belajarnya.

3. Manfaat Bagi Sekolah
a. Menciptakan suasana kegiatan belajar mengajar yang bervariasi.
b. Siswa-siswa lebih mandiri dalam mengikuti proses belajar mengajar.
c. Menciptakan sekolah sebagai pusatnya Ilmu Pengetahuan.
d. Mengenalkan pada siswa tentang lingkungan sekolah sebagai obyek pembelajaran.

Download PTK Kelas 6 SD Lengkap

Untuk membantu mengatasi berbagai persoalan tentang metode kependidikan dan pengajaran yang efektif, maka peneliti mengajak untuk mengingat kembali apa sebenarnya pengertian belajar itu. menurut contoh ptk matematika. “Belajar merupakan proses perubahan tingkah siswa akibat adanya peningkatan pengetahuan, ketrampilan, kemauan, minat, sikap, kemampuan untuk berfikir logis, praktis dan kritis”. 

Selain itu belajar juga dapat diartikan sebagai proses perubahan tingkah laku dari tidak tahu menjadi tahu dan belajar merupakan proses pengembangan pengetahuan. Download PTK Sebagai upaya untuk mencapai suatu perubahan, kegiatan belajar itu sendiri harus dirancang sedemikian rupa sehingga seluruh siswa menjadi aktif, dapat merangsang daya cipta, rasa dan karsa. 

Dalam hal ini, para siswa tidak hanya mendengarkan atau menerima penjelasan guru secara sepihak, tetapi dapat pula melakukan aktivitas-aktivitas lain yang bermakna dan menunjang proses penyampaian yang dimaksud. Misalnya melakukan percobaan, membaca buku, bahkan jika perlu siswa-siswa tersebut dibimbing menemukan masalah dan sekaligus mencari upaya-upaya pemecahannya. PTK matematika lengkap

Seperti uraian di atas bahwa seseorang yang sudah melakukan belajar mengalami perubahan tingkah laku. Menurut Rochman Natawijaya (1984:13) memaparkan tentang ciri perubahan tingkah laku dalam pengertian belajar adalah sebagai berikut.

Terima kasih telah berkunjung diblog yang membahas Contoh PTK Matematika Kelas 6 SD Doc Lengkap. Semoga PTK matematika ini dapat membantu Anda dalam penyusunan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + Rekomendasikan ini di Google untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di bawah. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.

0 komentar:

Posting Komentar