Rabu, 26 Juli 2017

DOWNLOAD CONTOH PTK PKN SD LENGKAP WORD GRATIS

DOWNLOAD CONTOH PTK PKN SD LENGKAP WORD GRATIS-Selamat malam pembaca ketemu lagi dengan blog ini. Pembahasan kali ini masih berhubungan dengan Penelitian Tindakan Kelas atau biasa disebut PTK, Dalam menyusun laporan PTK word topik atau materi haruslah kita ketahui, Dalam tulisan kali ini kita akan membahas contoh laporan PTK mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) jenjang SD sekolah dasar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya tuntutan peningkatan kualitas pendidikan,  sehingga dirasa perlu mengupayakan metode belajar yang mendukung untuk meningkatkan prestasi siswa. Dengan banyaknya konsep yang mengemukakan tentang keuntungan-keuntungan dalam penerapan metode ptk diskusi, maka penulis merasa perlu melakukan penelitian tindakan kelas ini.

Penelitian PTK SD bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan metode diskusi yang diterapkan dalam mendownload PTK dan bagaimana prestasi siswa sebelum dan sesudah diberlakukan metode diskusi serta ada tidaknya pengaruh yang signifikan dalam penerapan metode diskusi terhadap hasil belajar PKN pada siswa,  Bagaimana model peningkatan prestasi dari pelaksanaan metode diskusi.

Contoh PTK Word menggunakan analisis data secara kualitatif dengan metode siklus, Download PTK PKn menggunkan tiga siklus, yang mana dalam setiap siklus penelitian terdapat refleksi yang dimaksudkan untuk menggali strategi penyusunan alternatif penyempurnaan, guna penyempurnaan di tahap berikutnya. Gratis PTK dengan membaca di blog ini.

Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas mapel PKn yang diberi judul  “Dengan Penerapan Metode Diskusi Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Siswa Kelas 5 Semester Genap SD”, untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam kenaikan tingkat dari IV a ke IV b. Disini akan di bahas lengkap.

PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan file PTK Pkn Kelas V SD lengkap dalam bentuk word dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS ke 0856-42-444-991 dengan Format PESAN PTK 017 SD).


PTK PKN SD KELAS V PDF DOWNLOAD

BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang Masalah
Ilmu pendidikan atau disebut sebagai pedagogic dapat didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang menyelidiki dan merenungkan tentang konsep-konsep dalam mendidik. Istilah pedagigic berasal dari pedagogia yang berarti pergaulan dengan anak-anak (Purwanto, 1998).  Berdasarkan definisi tersebut, maka dapat diambil suatu pengertian bahwa ilmu pendidikan selalu memerlukan inovasi-inovasi konsep yang mengarah pada peningkatan kualitas anak didik. dibutuhkan  download ptk Dalam hal ini, ilmu pendidikan mensyaratkan adanya penelitian dan penemuan yang reliabel atau handal untuk memaksimalkan hasil pendidikan.

Menurut Barnadib (1984) dalam ilmu pendidikan dibedakan menjadi empat, yaitu ilmu pendidikan teoretis, ilmu pendidikan praktis, ilmu pendidikan sistematis dan ilmu pendidikan historis. Ilmu pendidikan teoretis memberikan renungan teoretis yang tersusun, teratur, dan logis tentang masalah dan ketentuan pendidikan. Ilmu ini memiliki titik tolak pada praktek pendidikan menuju pemikiran sistematis dan mengenal juga persoalan-persoalan yang bersifat filosofis yang berhubungan dengan pendidikan. Menggunakan Ilmu pendidikan untuk laporan ptk kelas V praktis memberikan pemikiran tentang masalah dan ketentuan pendidikan yang langsung ditujukan pada perbuatan mendidik. Ilmu ini menempatkan diri dalam situasi pendidikan dan mengarah pada perwujudan atau realisasi ide-ide pendidikan. Istilah lain adalah mengarah pada teknis pendidikan. Ilmu pendidikan sistematis memberikan pemikiran secara tersusun dan lengkap tentang masalah pendidikan. Ilmu ini lebih membahas secara umum, abstrak dan obyektif tentang masalah pendidikan. laporan ptk pkn gratisIlmu pendidikan historis memberikan uraian teoretis tentang sistem-sistem pendidikan sepanjang jaman dengan melihat latar belakang kebudayaan dan filosofi yang berpengaruh pada masa tertentu.  Ilmu pendidikan historis ini dianggap memiliki hubungan timbal-balik yang paling kuat dengan ilmu pendidikan sistematis.

Apabila dikaitkan dengan peningkatan kualitas dalam pendidikan, maka terdapat kaitan yang jelas anatara ilmu pendidikan teoretis, praktis, historis, dan sistematis. download contoh ptk pdf Untuk memaksimalkan kualitas anak didik diperlukan suatu teknik atau metode yang paling sesuai dengan kondisi siswa. Untuk menemukan metode ini, diperlukan suatu konsep sistematis yang dapat digali dari pengalaman atau histori pada masa lampau serta konsesp-konsep atau ide-ide sistematis yang mendukung. Ide-ide atau teori tidak akan dapat diaplikasikan secara maksimal tanpa metode pendidikan atau teknik yang tidak mendukung ptk pkn lengkap dalam proses belajar mengajar.
Dengan menyadari keterkaitan yang cukup kuat antara aspek teknis (praktis), teoretis, dan ilmu pendidikan sistematis ini, maka dapat dikatakan  bahwa metode atau cara dalam teknik pendidikan merupakan hal yang sangat penting untuk menyusun laporan penelitian tindakan kelas word diperhatikan guna mendukung kualitas yang maksimal dan mendukung ilmu pendidikan sistematik secara umum.

Dalam konsep “Model of School Learning”, Carol (1963) mengemukakan suatu konsep yang memberikan garis besar faktor-faktor utama yang mempengaruhi keberhasilan pelajar dalam kegiatan belajar di sekolah. Konsep Carol diperoleh melalui penelitian-penelitian modern, dengan hasil yang menyatakan bahwa ptk pkn kelas 5 sekolah dasar dalam kondisi belajar tertentu di sekolah, waktu yang benar-benar digunakan untuk belajar dan waktu yang dibutuhkan siswa merupakan fungsi karakteristik individu dan pengajaran yang diberikan pada siswa. Waktu yang digunakan ditentukan oleh jumlah waktu yang diinginkan siswa untuk melibatkan diri dalam belajar (yaitu ketekunannya) dan keseluruhan waktu yang diizinkan. Waktu belajar yang dibutuhkan siswa ditentukan oleh bakat kemampuannya terhadap tugas, oleh mutu pengajaran ptk pkn, dan kemampuannya menangkap pelajaran pelajaran yang ia dapat (Block, 1971:6). Konsep Carol ini dijelaskan lebih lanjut, yaitu bahwa mutu pengajaran yang dihadapi pelajaran dan kemampuannya dalam menangkap pelajaran berinteraksi pada perluasan waktu download ptk sd terbaru yang ia butuhkan berdasarkan bakat kemampuannya untuk menguasai pelajaran itu. Jika siswa memiliki bakat bakat yang tinggi dan pengajaran dilakukan dengan mutu pengajaran yang bagus, maka waktu yang dibutuhkan akan lebih sedikit. 

PTK Kurikulum K13

Pada dasarnya kurikulum K13 pkn SD, konsep Carol lebih mengedepankan waktu belajar yang disesuaikan dengan bakat siswa dan mutu pengajaran untuk mencapai hasil maksimum pemahaman siswa. Jelas terlihat bahwa bakat untuk menerima pelajaran dan metode pendidikan yang bagus sebagai faktor yang mempengaruhi efisiensi waktu belajar yang efektif, yang pada akhirnya adalah menuju kualitas penerimaan siswa yang terbaik. Beberapa usaha yang dilakukan untuk meningkatkan penerimaan materi pelajaran pkn kelas 5 SD siswa tersebut adalah sebagai berikut:

1. Kelompok belajar (study group)
Kelompok yang terdiri dari beberapa anak melakukan diskusi untuk memecahkan masalah bersama. Diskusi merangsang siswa untuk berfikir kreatif bersama dalam memecahkan masalah download contoh ptk pkn gratis. Rangsangan berfikir ini yang menjadi fokus tujuan utama dalam mekanisme belajar kelompok siswa
2. Tutorial
Tutor memberikan bantuan satu-persatu. Tutor sebaiknya bukan guru kelas, dengan tujuan untuk memberikan metode baru yang mungkin lebih sesuai dengan kondisi siswa atau untuk memberikan suasana baru dalam laporan PTK.
3. Buku latihan (work book) dan satuan pengajaran (programmed instruction units). Pengajaran ini tepat untuk kebutuhan yang bersifat latihan (drill), pemahaman melalui langkah-langkah kecil, terutama untuk fase-fase awal.
4. Audio visual dan permainan akademik
Audio berarti suara, dan visual dalah gambaran. Dengan kata lain, audio visual adalah gambaran hidup yang menggunakan suara seperti film. Alat ini hanya diperlukan dalam kondisi tertentu saja. 
Keseluruhan bentuk tersebut adalah untuk meningkatkan mutu pengajaran dalam hubungannya dengan kemampuan pelajar untuk menangkap apa yang disampaiakan oleh pengajar.

PTK PKn SD Kelas 5 Lengkap

Metode diskusi merupakan suatu cara lain dalam belajar-mengajar, dimana guru bisa membuat PTK dalam bentuk word, bahkan antar siswa terlibat dalam suatu interaksi secara aktif dan timbal balik dari dua arah (two ways of Communication), baik dalam perumusan masalah, penyampaian informasi, pembahasan maupun dalam pengambilan kesimpulannya digunakan sebagai contoh PTK Pkn.  Pada dasarnya metode diskusi menggunakan langkah-langkah cara pemecahan masalah (problem solving approach). Menurut John Dewey (dalam Loree, 1970: 438) dalam proses belajar dengan konsep problem solving unutk menyusun PTK akan berlangsung hal-hal sebagai berikut:

1. Menyadari adanya masalah. Individu menyadari adanya masalah ketika mereka dihadapkan pada suatu kondisi keraguan dan kekaburan, sehingga muncul adanya kesulitan-kesulitan
2. Menegaskan dan merumuskan masalah. Individu mengeplotkan dimana letak sumber-sumber kesulitan tersebut untuk mencari kemungkinan pencarian jalan keluar. Mereka akan menetapkan bagian-bagian persoalan yang ada dengan menggunkan konsep-konsep atau dalil dalil tertentu seperti dalam teori yang didapat.
3. Mencari fakta dan merumuskan hipotesis.  Individu menghimpun berbagai informasi yang relevan, termasuk bagaimana pengalaman orang lain dalam menghadapi pemecahan masalah yang serupa. Kemudian, mereka akan mengidentifikasikan berbagai alternatif kemungkinan berbagai pemecahan yang dapat dirumuskan sebagai jawaban sementara atau hipotesis
4. Mengevaluasi alternatif pemecahan yang dikembangkan. Setiap alternatif pemecahan akan diperhitungkan untung-ruginya. Selanjutnya adalah dilakukan langkah pengambilan alternatif yang dipandang paling mungkin (feasible) dan menguntungkan.
5. Melakukan pengujian atau verifikasi secara eksperimental, atau uji coba. Alternatif pemecahan yang dipilih akan di uji dengan berbagai cara termasuk dengan membandingkan fakta-fakta lain atau dengan konsep-konsep yang relevan.
Dengan demikian, proses belajar-mengajar mata pelajaran PKn Kelas 5 SD yang merupakan kondisi tertinggi dalam proses ini sangatlah penting, akan tetapi hanya mungkin dilakukan apabila proses fundamental belajar lainnya telah dikuasai.

Dalam konteks upaya untuk peningkatan kualitas belajar-mengajar, SDN telah mencobakan metode diskusi secara periodik dalam rangka menggali metode yang efektif  Penerapan ini dilakukan khususnya dalam berbagai session mata pelajaran PKN pada siswa kelas 5 semester genap, untuk meningkatkan mutu belajar siswa. Hasil penerapan metode ini di nilai sabagai bahan ptk lengkap mapel PKn, dan dibandingkan dengan hasil sebelum diterapkannya metode diskusi tersebut. 

Hal ini merupakan strategi sebagai upaya mengembangkan konsep belajar-mengajar yang reliabel dalam meningkatkan kualitas siswa. Strategi yang reliabel akan diperoleh dengan (Newman dan Logan 1971: 8):
1. Mengidentifikasi dan menetapkan  spesifikasi dan kualifikasi hasil yang harus dicapai dan menjadi target usaha, dengan mempertimbangkan respon.  Terkait dengan hal ini, salah satu target dalam studi PKN adalah siswa mampu melakukan analisis terhadap permasalahan yang terkait dengan konsep yang diberikan, yang dapat ditingkatkan melalui diskusi
2. Mempertimbangkan dan memilih jalan pendekatan utama yang paling sesuai guna mencapai sasaran. Dalam hal ini, hipotesis peneliti adalah diskusi merupakan suatu langkah yang perlu dicobakan secara intensif. Salah satu alasan dilakukannya penelitian adalah guna mempertimbngkan apakan metode diskusi benar-benar reliabel bagi siswa kelas 5 Semester genap SDN atau tidak, dan untuk mengukur seberapa efektifnya.
3. Mempertimbangkan dan menetapkan langkah-langkah mana yang harus ditempuh sejak titik awal sampai kepada titik akhir dimana tercapainya sasaran tersebut. Konsep ini menyarankan bagaimana langkah-langkah teknis yang harus ditempuh.PTK Pkn SD Semester 2
4. Mempertimbangkan dan menetapkan tolok ukur dan patokan yang digunakan dalam mengukur dan menilai taraf keberhasilan usaha tersebut. Tolok ukur dalam penelitian dilakukan dengan memperhitungkan secara akurat hasil yang diperoleh berdasarkan prestasi siswa. 

B. Identifikasi Masalah
Berkaitan dengan ilmu pendidikan teknis untuk mencapai kualitas siswa yang maksimum, salah satu pendekatan yang digunakan adalah metode diskusi dalam study group. Study group dipandang sebagai salah satu cara untuk merangsang kreatifitas siswa dalam memecahkan masalah pelajaran. Diskusi tersebut merupakan langkah dalam mendukung kemampuan menguasai materi, sebagai fungsi untuk meminimalkan waktu belajar yang efektif. Permasalahan yang muncul adalah apakah studi group dengan mekanisme diskusi tersebut sesuai untuk setiap siswa di semua sekolah atau tidak, dan model diskusi bagaiman yang paling efektif, khususnya untuk siswa kelas 5 semester genap di SDN.

CONTOH DOWNLOAD PTK PKN SD SEMESTER 2

C. Perumusan Masalah dan Pemecahannya
Berdasarkan latar belakang masalah dan identifikasi masalah yang dikemukakan tersebut, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut:
1. Bagaimana pelaksanaan metode diskusi untuk siswa kelas 5 Semester genap SDN 
2. Bagaimana prestasi siswa sebelum dan sesuadah diberlakukan metode diskusi?
3. Adakah pengaruh download ptk semester 2 yang signifikan dalam penerapan metode diskusi siswa dengan prestasi belajar PKN siswa?
4. Bagaimana model peningkatan prestasi dari pelaksanaan metode diskusi?

D. Contoh download ptk sd 
Adapun tujuan dari penelitian ini sesuai dengan perumusan masalah yang disusun, yaitu:
1. Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan metode diskusi untuk siswa kelas 5 Semester genap SDN 
2. Untuk mengetahui bagaimana prestasi siswa sebelum dan sesudah diberlakukan metode diskusi.
3. Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan dalam penerapan metode diskusi terhadap hasil belajar PKN siswa.
4. Untuk mengetahui bagaimana model peningkatan prestasi dari pelaksanaan metode diskusi.

E. Manfaat download ptk pkn word gratis
Hasil penelitian ini dikembangkan dengan mencermati aspek kualitatif dan kuantitatif, yang diharapkan akan mampu memberikan manfaat dalam beberapa aspek, yaitu:
1. Aspek keilmuan
Hasil penelitian diharapkan mampu menunjukkan bagaimana rumusan besarnya pengaruh diskusi dalam study group secara ilmiah dan beralasan dalam mendukung konsep metode pengajaran praktis di sekolah, khususnya dalam mata pelajaran PKN
2. Aspek praktis
Hasil penelitian mampu menunjukkan arti penting metode diskusi dalam study group bagi guru terkait di sekolah, khususnya untuk studi PKN, serta untuk siswa
a. Untuk guru: memberikan gambaran seberapa efektif diskusi yang diterapkan dalam mempengaruhi prestasi PKN siswa, sehingga dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam memperbaiki mekanisme diskusi yang diterapkan serta pengalokasian waktu yang tepat sesuai kebutuhan. 
b. Untuk siswa: hasil penelitian tidak secara langsung berpengaruh pada siswa, akan tetapi lebih berkenaan dengan efek dari konsep yang diterapkan dan diyakini guru, sehingga prestasi siswa dapat ditingkatkan.


Terima kasih telah berkunjung diblog yang membahas Download Contoh PTK PKn SD Lengkap Gratis. Semoga PTK pendidikan kewarganegaraan ini dapat membantu Anda dalam penyusunan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + Rekomendasikan ini di Google untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di bawah. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.

0 komentar:

Posting Komentar