Rabu, 05 April 2017

DOWNLOAD CONTOH PTK MATEMATIKA SD LENGKAP

DOWNLOAD CONTOH PTK MATEMATIKA SD LENGKAP-Halooo kawan guru semua kali ini blog ini menawarkan kepada para kawan guru yang ingin mendapatkan referensi Penelitian Tidakan Kelas Matematika SD. Penawaran PTK SD ini kami berikan dengan harga yang sangat murah, tapi walaupun harganya murah bukan murahan Download Contoh PTK ini Lengkap dari cover sampai daftar pustaka. Naskah atau file laporan PTK Matematika sudah dalam bentuk MS Word dan siap untuk di edit.


Jika anda tertarik dengan Contoh PTK Penelitian tindakan Kelas Matematika SD Lengkap, silahkan menghubungi kami. Kami siap memberikan anda kesempatan untuk melakukan pemilihan judul judul ptk sebelum membeli. Dan kami pun berharap PTK Penelitian Tindakan Kelas Matematika SMP dapat membatu kenaikan pangkat anda.

Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD yang diberi judul Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Penyederhanaan Bilangan Pecahan Melalui Penggunaan Alat Peraga Bangun Datar Pada Siswa Kelas IV SD Negeri, untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam kenaikan tingkat dari IV a ke IV b. Disini akan di bahas lengkap. 


PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan file PTK Matematika kelas 4 SD lengkap dalam bentuk word dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (PESAN PTK 12 SD ke 0856-42-444-991 ).

PENELITIAN TINDAKAN KELAS MATEMATIKA SD

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang 

Kegiatan belajar merupakan salah satu kegiatan pokok dalam proses pembelajaran. Ini berarti berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan banyak tergantung pada bagaimana proses belajar yang dialami oleh siswa sebagai anak didik. Keberhasilan download contoh ptk dari proses belajar ditandai dengan tercapainya tujuan pengajaran dan prestasi belajar secara maksimal.

Pendidikan merupakan suatu upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia. Menciptakan manusia yang cerdas dan maju perlu diimbangi dengan peningkatan mutu pendidikan. Mutu pendidikan sangat erat kaitannya dengan mutu guru. Kunci keberhasilan pelaksanaan sangat ditentukan oleh factor guru sebagai pengelola kegiatan pembelajaran. Proses belajar mengajar ptk matematika sd akan optimal apabila guru mampu merencanakan pelaksanaan sampai evaluasi. Menurut Suryo Subroto (1997 : 19) proses belajar mengajar meliputi kegiatan yang dilakukan guru mulai dari perencanaan, pelaksanaan kegiatan sampai dengan evaluasi dan program tindak lanjut. Pernyataan tersebut mengandung makna bahwa pembelajaran tidak terlepas dari evaluasi. 

Seiring dengan hal diatas tidak terlepas dari penguasaan materi pelajaran khususnya matematika pada diri siswa di Sekolah Dasar Negeri Sabrang Kecamatan Delanggu Kabupaten Klaten. Menurut data hasil ujian kelas IV Tahun Pelajaran xxxx  daya serap terhadap mata pelajaran matematikan hanya 65%. Pada materi penyederhanaan pecahan dalam dua kali ulangan yang mencapai penguasaan materi sebesar 70% hanya 8 orang dari 19 siswa. Dari permasalahan tersebut ptk lengkap sd maka guru kan mencari masalah yang menjadi kendala bagi siswa Sekolah Dasar Negeri Sabrang Kecamatan Delanggu Kabupaten Klaten sehingga dapat membantu meningkatkan penguasaan materi pelajaran matematika sehinggga prestasi belajar siswa juga meningkat, perbaikan pembelajaran bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas dalam mata kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PGSD 4412) pada program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Terbuka.

Susunan laporan ini berdasarkan catatan yang dibuat ketika merancang kegiatan perbaikan serta selama pelaksanaan, observasi dan diskusi yang dilakukan dalam 2 siklus penelitian tindakan kelas untuk mata pelajaran Matematika di kelas IV, maka laporan ini disusun dengan sistematika secara garis besar meliputi Pendahuluan, Pelaksanaan Perbaikan, Hasil Penelitian Tindakan Kelas 4 SD dan Pembahasan, Kesimpulan dan Saran.

A. Tujuan Penelitian 

Dari latar belakang yang telah dikemukakan maka penelitian ini bertujuan untuk : 
1. Mendapatkan cara yang lebih efektif dalam membelajarkan matematika pada materi soal penyederhanaan bilangan pecahan 
2. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika khususnya dalam penyederhanaan bilangan pecahan melalui penggunaan alat peraga bangun datar. 
3. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika 
4. Membangkitkan minat siswa untuk menyukai mata pelajaran matematika

B. Manfaat Penelitian 

Dari hasil perbaikan ini diharapkan agar dapat dimanfaatkan oleh guru dan merupakan masukan bagi sistem pengajaran sehingga dapat :
5. Membantu menigkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika 
6. Menciptakan lingkungan belajar yang efektif, anak dan guru semua aktif 
7. Membangkitkan semangat siswa yang pasif 
8. Mengatasi kejenuhan siswa      
     

CONTOH PTK MATEMATIKA KELAS 4 SD

BAB II
PERENCANAAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN 

Identifikasi Masalah 
Pada materi penyederhanaan pecahan dalam 2 kali ulangan rata – rata hanya 9 siswa dari 19 siswa yang mencapai penguasaan materi sebesar 20% ke atas. Selama pembelajaran berlangsung siswa kelihatan tidak sunguh – sungguh dalam mengikuti pelajaran, kelihatannya diam tetapi diberi pertanyaan sering salah, penelitian tindakan kelas terbaru bahkan sering guru memberi pertanyaan pada akhirnya guru sendiri yang menjawab. Hal tersebut terlihat bahwa pelajaran didominasi oleh guru dan penjelasan guru kurang didukung dengan alat peraga yang sesuai dan menarik perhatian siswa.
Pada umumya siswa sekolah dasar kurang berminat terhadap mata pelajaran matematika karena dianggap sebagai momok, akibatnya materi yang sebenarnya mudah menjadi sulit untuk anak seperti materi tentang penyederhanaan pecahan. Berdasarkan latar belakang masalah, dapat diidentifikasi kendala – kendala yang ada di lapangan dalam proses pembelajaran, sehingga prestasi belajar matematika masih masuk dalam kategori rendah. PTK Matematika SD kelas 4 Adapun kendala – kendala atau masalah yang dimaksud dapat diidentifikasi sebagai berikut : 
a. Siswa mempunyai anggapan bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang sulit untuk dipelajari 
b. Siswa tidak berani bertanya dan cenderung pasif 
c. Motivasi belajar siswa rendah sehingga tidak ada kompetisi antar siswa karena kurang adanya pengakuan bagi siswa yang berprestasi
d. Guru mendominasi pelajaran 
e. Guru tidak menggunakan alat peraga yang sesuai 
Berangkat dari masalah – masalah yang sangat mengganggu dan menghambat siswa yang bersangkutan untuk meraih prestasi yang lebih tinggi, maka penulis mengadakan perbaikan pembelajaran untuk meningkatkan Contoh penelitian tindakan kelas matematika penguasaan terhadap mata pelajaran matematika pada diri siswa   

A. Analisis dan Perumusan Masalah 

Dari identifikasi masalah, download contoh PTK kelas 4 yang kemudian didiskusikan dengan teman sejawat dan supervisor, diketahui faktor-faktor yang menyebabkan siswa kurang menguasai materi pelajaran yang diberikan oleh guru, maka dapat dikemukakan analisis pemasalahan sebagai berikut : 
1. Metode yang digunakan guru kurang bervariasi 
2. Pembelajaran berpusat pada guru sehingga situasi kelas kurang hidup
3. Urutan konsep pembelajaran yang masih kurang tepat 
4. Penjelasan yang bersifat abstrak karena tidak menggunakan alat peraga yang memadai    
5. Kurangnya perhatian siswa ketika pembelajaran berlangsung 
6. Masih kurangnya menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) 
Berdasarkan identifikasi dan analisis masalah yang menjadi fokus perbaikan maka dapat dirumuskan sebagai berikut : “Bagaimana cara yang lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika tentang penyederhanaan bilangan pecahan di kelas IV SD Negeri Sabrang Kecamatan Delanggu Tahun Pelajaran xxxx”.  

C. Perencanaan Perbaikan

Rencana perbaikan merupakan sebuah persiapan mengajar yang harus dibuat sebelum pembelajaran berlangsung. Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yang disajikan oleh guru harus memperbaiki hal – hal sebagai berikut :
1. Penyampaian materi pelajaran dibuat dengan variasi, sehingga siswa tidak merasa bosan 
2. Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar harus memperhatikan kesiapan intelektual siswa 
3. Mengatur suasana kelas yang kondusif agar siswa siap belajar 
4. Menyiapkan alat peraga bangun datar 

5. Menentukan langkah-langkah yang akan ditempuh dalam proses pembelajaran baik penggunaan alat peraga, pemberian tugas sampai pada pemberian dalam menyimpulkan hasil belajar  

DOWNLOAD PTK SD KELAS 4

DAFTAR PUSTAKA 


Arifin Zaena. (1990). Evaluasi Instruksional Prinsip Teknik Prosedur. Bandung : Remadja Karya 
Choiriyah, Siti (2006). Acuan Pengayakan Matematika. Solo : Sindhunata 
Gredler, Margaret E. Ball, (1991). Belajar dan Membelajarkan, Jakarta : Rajawali
Listyawati, Henny (2201). Matematika Kelas 4 SD, Klaten : Intan Pariwara
Suryadi, Didi. (1997). Alat Peraga dan Pengajaran Matematika. Jakarta : Ditjen Dikdasmen D2 Karunika UT
Winkel. W.S (1987). Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia  


Terima kasih telah berkunjung ini yang membahas DOWNLOAD CONTOH PTK MATEMATIKA SD LENGKAP. Semoga PTK Matematika ini dapat membantu Anda dalam penyusunan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + Rekomendasikan ini di Google untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di bawah. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.